Buka program Blender, maka akan muncul seperti di bawah ini.
Click disembarang tempat sehingga tampilan aplikasi blender menjadi seperti dibawah ini.
Click 'Scale manipulator mode' yang terletak pada bagian bawah toolbar.
Click dan tekan panah biru ke bawah sehingga kubus terlihat lebih tipis. kubus tipis ini akan menjadi dudukan pada kursi.
Click view --> top
Ubah Object mode menjadi Edit mode.
Click ctrl+R lalu akan muncul garis pink, click garis tersebut maka garis pink akan berubah menjadi warna kuning lalu pojokkan garis kuning tersebut ke kanan. Hal ini kita sebut "memotong".
Ulangi langkah pemotongan lagi tetapi pojokkan garis tersebut ke kiri, atas, dan bawah. Sehingga kubus tersebut terbentuk seperti di gambar di bawah ini.
Untuk membuat kaki kursi, click view --> Bottom
Click 'Face select mode'
Tekan Shift pada keyboard + click kiri pada mouse untuk memblock setiap pojok face.
Untuk mengubah posisi view, click scroll pada mouse dan arahkan sehingga bagian calon kaki kursi terlihat seperti ini.
Click 'E' pada keyboard untuk Extrude, arahkan mouse ke bawah untuk membuat kaki kursi. Setelah anda kira cukup panjang sandarannya, click kiri pada mouse.
Kaki kursi telah jadi, sekarang kita buat bagian sandaran kursi
Untuk membuat sandaran kursi, click scroll pada mouse dan arahkan sehingga bagian kursi terlihat seperti ini.
Click 'Face select mode', click kanan pada pojok kanan dan kiri dengan menekan tombol Shift pada keyboard.
Click 'E' pada keyboard untuk Extrude, arahkan mouse ke arah atas, setelah anda kira cukup panjang sandarannya, click kiri pada mouse.
Lalu extrude lagi, arahkan mouse lagi ke arah atas dengan panjang 1/3 panjang sandaran awal. Maka akan terlihat sandaran kursi seperti gambar di bawah ini.
Click 'Face select mode', pilih dua face pada bagian dalam sandaran yang paling atas, click delete pada keyboard, pilih faces.
Rajut sandaran atas dengan cara click 'Edge select mode', click garis pada sandaran kursi bagian atas sisi kanan face yang di delete lalu click shift pada keyboard dan click pada sandaran kursi bagian atas sisi kiri face yang di delete.
Click 'F' pada keyboard untuk merajut (menyambung) edge pada masing-masing face
Lakukan tahap 13 dan 14 untuk merajut sisi atas, belakang, dan bawah.
Untuk membuat Texture pada kursi, Click 'Texture'
Pada 'Type' pilih 'Image or Movie'
Scroll ke bawah, pada Image click Open
Pilih gambar yang cocok untuk tekstur sebuah kursi kemudian click Open
Click 'Material' lalu click 'Assign'
Untuk melihat hasil yang telah Anda buat, click F12 pada keyboard.
Alhamdulillah yaa kursi yang Anda buat telah jadi! Sesuatuu
Tombol Otomatis pada Blender
(Source: http://denimultimedia1.blogspot.com/2011/04/tombol-otomatis-pada-software-blender.html)
F1 = Open File
F2 or Ctrl+W = Save File
F3 = Save rendered Image
Ctrl+O = Recent Files
3D Viewport
Zoom = mouse wheel or num pad + - keys
Rotate = middle mouse button
Pan = shift + middle mouse button
Different view ( Front , right , top ) shortcuts = numpad 1,3,7. (Opposite view with Ctrl key)
Perspective mode on/off = Numpad 5
Local View = Numpad /
Center Object = Numpad . (del)
Toolbar = Space key
To select = Right click
Multiple select = hold shift button while right click
To select all = A
To deselect all = A
To drag select – B
Basic Transformations:
R = RotateS = scale
G = grab and move
Shift D = duplicate
Z key = view mode
Del key to delete any thing.
Edit Mode
Tab = switches between edit and object mode
To select = Right click
Multiple select = hold shift button while right click
To select all = A
To deselect all = A
To drag select – B
Transform -
R = Rotate
S = scale
G = grab and move
Shift D = duplicate
Z key = view modeDel key to delete any thing.
O = Proportional Editing / Soft Selectio
E = ExtrudeK = Knife Tool
Ctrl+R = LoopCup
Alt+M = Merge Vertices
F = Make edge / Face
Shift F = Fill / Make Face
Ctrl+T = Triangulate the Mesh
Alt+J = make quads
W = Edit Special Menu
H = Hide
Alt+H = Reveal
Buttons WindowF4 = Game Logic
F5 = Shaders
F6 = Texture
F7 = Object
F8 = World Settings
F9 = Editing
F10 = Render Settings
F11 = Previous Rendered image
F12 = Render current frame
+ = Zoom in
- = Zoom out
User Preference
Drag Down the File Menu Bar = User Prefernce Options
Ctrl+u = Saving User options as Defaults.
Anda bisa mengembangkan sendiri, kursi anda ingin dibuat dengan model yang bagaimana dan seperti apa,
kami sudah memberi dasar-dasar menggunakan blender.